Apa itu Ballast Resistor

Apa itu Ballast Resistor dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Posted on

Bengkeltv.idApa itu Ballast Resistor dan Bagaimana Cara Kerjanya?. Ballast resistor adalah salah satu komponen elektronik yang memiliki fungsi penting dalam rangkaian listrik, terutama dalam mengatur aliran arus listrik agar tetap stabil dan aman. Meskipun istilah “ballast resistor” mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, komponen ini berperan krusial dalam mencegah kerusakan pada perangkat lainnya yang ada dalam suatu sistem. Ballast resistor biasanya digunakan untuk membatasi atau mengatur jumlah arus yang mengalir dalam rangkaian, sehingga komponen lain, seperti lampu atau elemen pemanas, tidak mengalami kelebihan beban yang bisa merusak sistem.

Selain itu, ballast resistor sering ditemukan dalam berbagai aplikasi praktis, terutama dalam sistem penerangan seperti lampu neon atau lampu flourescent, serta pada kendaraan bermotor, khususnya dalam sistem pengapian. Pada lampu neon, misalnya, ballast resistor berfungsi untuk memastikan bahwa arus listrik yang masuk ke lampu tidak berlebihan, yang bisa menyebabkan lampu menjadi rusak. Begitu pula pada kendaraan, ballast resistor membantu mengontrol arus listrik yang mengalir ke komponen pengapian mesin.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas lebih mendalam tentang apa itu ballast resistor, apa fungsi utamanya dalam rangkaian elektronik, serta bagaimana cara kerja komponen ini untuk menjaga kestabilan sistem kelistrikan. Kita juga akan melihat berbagai contoh aplikasi ballast resistor dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana memilih resistor yang tepat sesuai dengan kebutuhan sistem listrik yang digunakan.

Apa itu Ballast Resistor ?

Resistor ballast adalah komponen listrik dan elektronik yang berfungsi untuk mengatur aliran arus dalam suatu rangkaian. Komponen ini memiliki sifat unik, yaitu meningkatkan resistansinya saat arus yang mengalir melaluinya meningkat, dan menurunkan resistansinya ketika arus berkurang.

Fungsi utama dari resistor ballast adalah untuk menjaga kestabilan arus di seluruh rangkaian, meskipun ada fluktuasi tegangan di dalam sistem. Berbeda dengan resistor beban yang memiliki nilai resistansi tetap, resistor ballast bertindak sebagai beban variabel, yang menyesuaikan nilai resistansinya sesuai dengan kondisi arus yang mengalir.

Secara umum, resistor ballast sering dihubungkan secara seri dengan beban negatif, karena rangkaian seri memastikan bahwa semua komponen mendapatkan arus yang sama. Beberapa jenis ballast menggunakan resistor seri, sementara yang lainnya menggabungkan kapasitor atau komponen kompleks lainnya untuk mencapai fungsi yang diinginkan.

Fungsi Ballast Resistor (Tahanan Balast)

Oleh karena itu, diperlukan ballast resistor untuk membatasi arus primer agar tidak melebihi 4 A.

Saat starter, arus primer tidak perlu melewati ballast resistor karena arusnya sudah berkurang akibat adanya beban pada starter. Jika arus tetap melewati ballast resistor, maka arus akan semakin berkurang, yang mengakibatkan kemampuan pengapian menjadi tidak maksimal. Hal ini dapat menyebabkan mesin kesulitan untuk menyala.

Baca juga:  Pengertian Resistor Variabel dan Cara Kerjanya Lengkap

Untuk itu, saat posisi ST (starter), arus dari baterai langsung menuju terminal ST pada kunci kontak dan mengalir ke + koil tanpa melalui ballast resistor. Setelah kunci kontak kembali pada posisi IG (ignition), arus primer akan mengalir melalui terminal IG pada kunci kontak dan melewati ballast resistor.

Untuk jenis kunci kontak yang tidak memiliki terminal ST1 dan ST2, atau hanya memiliki terminal ST saja, maka perlu ditambahkan dioda atau relay di antara terminal ST dan + koil. Berikut adalah rangkaian sistem pengapian dengan koil + ballast resistor yang dilengkapi dengan penambahan relay pada sistem starter.

Cara Kerja Ballast Resistor Pada Koil Sistem Pengapian Mobil

Setelah memahami apa itu ballast resistor, mari kita bahas fungsi utama dari sistem pengapian, yaitu menghasilkan percikan api pada busi. Percikan api ini penting untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.

Tekanan yang dihasilkan dari pembakaran ini akan mendorong piston, dan daya dorong tersebut disalurkan ke poros engkol melalui batang piston (connecting rod), sehingga poros engkol berputar dan kendaraan dapat bergerak melalui sistem pemindah tenaga.

Koil adalah salah satu komponen utama dalam sistem pengapian. Fungsinya adalah untuk meningkatkan tegangan dari baterai 12 volt menjadi 10 kV atau lebih, melalui proses induksi listrik. Koil pengapian terdiri dari dua kumparan: kumparan primer dan kumparan sekunder. Ketika kumparan primer dialiri listrik, medan magnet akan terbentuk di dalam kumparan tersebut. Ketika medan magnet tersebut tiba-tiba dihilangkan, terjadi induksi listrik yang menghasilkan tegangan tinggi.

Dengan demikian, tegangan tinggi dihasilkan ketika aliran listrik ke kumparan primer koil diputus secara mendadak.

Komponen lain yang sangat penting dalam sistem pengapian konvensional adalah kontak pemutus atau platina. Fungsinya adalah untuk memutus aliran listrik ke kumparan primer dalam sistem pengapian. Agar kontak pemutus (platina) tidak cepat aus dan koil pengapian tidak mengalami panas berlebih, arus primer yang mengalir ke kumparan primer harus dijaga agar tidak melebihi 4 ampere.

Untuk menghitung tahanan minimum pada kumparan primer, perhitungannya harus mempertimbangkan arus maksimum dan tegangan baterai yang digunakan. Misalnya, jika arus maksimum adalah 4 ampere dan tegangan baterai adalah 12 volt, maka tahanan minimum pada kumparan primer dapat dihitung sekitar 3 ohm, dengan rumus sebagai berikut:

Baca juga:  Perbedaan Kapasitor Dan Resistor yang Wajib Kalian Ketahui

Rmin = V / Imaks = 12 volt / 4 ampere = 3 ohm

Jadi tahanan minimum pada kumparan primer adalah sekitar 3 Ω, misalnya tahanan pada kumparan primer tersebut adalah 1,5 Ω maka perlu ditambahkan tahanan lagi sebesar 1,5 Ω sehingga tahanan total pada kumparan primer menjadi 3 Ω. Tahanan tambahan Ini lah yang disebut sebagai tahanan ballast.

Berikut fungsi Tahanan Ballast Pada Koil Pengapian :

1. Sebagai Pembatas Arus Primer

Ketika arus listrik mengalir melalui kumparan primer koil, selain menciptakan medan magnet, juga terjadi pemanasan pada kumparan tersebut. Besarnya panas yang dihasilkan tergantung pada besar arus yang mengalir melalui kumparan primer. Semakin besar arus yang mengalir, semakin banyak panas yang dihasilkan, dan sebaliknya.

Untuk mencegah arus yang mengalir ke kumparan primer koil melebihi batas maksimum 4 ampere, diperlukan tahanan minimum pada kumparan primer. Jika tegangan baterai yang digunakan adalah 12 volt, maka tahanan yang dibutuhkan sekitar 3 ohm.

Jika tahanan kumparan primer kurang dari 3 ohm, arus yang mengalir ke kumparan primer akan semakin besar. Oleh karena itu, dibutuhkan tahanan tambahan agar tahanan total pada kumparan primer mencapai 3 ohm. Tahanan tambahan ini dikenal dengan nama tahanan ballast.

2. Untuk Kompensasi Panas

Panas yang dihasilkan oleh koil pengapian tergantung pada besarnya arus yang mengalir melalui kumparan primer koil. Dengan menambahkan tahanan luar atau tahanan ballast, sebagian panas yang seharusnya dihasilkan oleh koil dapat dialihkan ke tahanan ballast. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada koil akibat panas yang berlebihan.

3. Sebagai Rangkaian Penambahan Start

Saat kendaraan distarter, tegangan baterai yang menuju ke koil pengapian akan turun karena tegangan dibagi antara koil pengapian dan beban starter. Penurunan tegangan ini akan mengurangi kemampuan pengapian karena arus yang masuk ke koil juga berkurang.

Untuk mengatasi hal ini, kumparan primer koil pengapian dapat langsung dihubungkan ke baterai positif selama kendaraan distarter, tanpa melewati tahanan ballast. Namun, rangkaian penambah start ini hanya dapat digunakan pada sistem primer yang menggunakan tahanan ballast.

Jika sistem primer tidak menggunakan tahanan ballast, maka rangkaian penambah start tidak dapat diterapkan. Hal ini karena rangkaian penambah start dirancang untuk bekerja dengan kumparan primer yang memiliki tahanan ballast, dan tidak cocok digunakan pada kumparan primer tanpa tahanan ballast.

Ballast Resistor untuk Pengapian

Sudah memahami Apa itu Ballast Resistor ?. Selanjutnya dalam mesin mobil, resistor ballast dapat digunakan pada sistem pengapian dan dikenal sebagai resistor ballast pengapian.

Baca juga:  Perbedaan Resistor dan Resistansi Secara Lengkap

Resistor ini biasanya dihubungkan antara sumber utama pengapian coil dan coil stud, sehingga mengurangi risiko kerusakan koil.

Setelah mesin mobil dihidupkan oleh motor starter, resistor ballast pengapian membantu mengurangi tegangan dan arus yang menuju ke koil pengapian.

Dengan demikian, arus yang rendah dapat menghasilkan kenaikan suhu yang lebih rendah dan memperpanjang umur koil pengapian.

Namun, sistem pengapian membutuhkan tegangan maksimum yang setara dengan tegangan sumber listrik.

Oleh karena itu, kabel jumper dapat dihubungkan melalui resistor ballast pengapian untuk memberikan tegangan yang dibutuhkan ke koil pengapian saat mesin mobil dihidupkan.

Aplikasi Ballast Resistor

Resistor ballast digunakan dalam berbagai aplikasi, di antaranya:

  • Paling umum digunakan dalam aplikasi pencahayaan dan otomotif.
  • Digunakan dalam rangkaian LED, lampu neon, dan aplikasi otomotif.
  • Ballast dalam laser HeNe digunakan untuk membatasi dan menstabilkan arus tabung. Hambatan ballast yang umum digunakan untuk laser HeNe adalah sekitar 75 KΩ.
  • Digunakan pada perangkat berdaya rendah seperti LED dan lampu neon.
  • Membantu mengatur aliran tegangan dalam sistem listrik untuk menghindari drainase baterai dan kelebihan beban.
  • Digunakan dalam sistem pengapian baterai dengan dihubungkan secara seri melalui belitan primer untuk mengubah arus utama.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ballast resistor merupakan komponen yang memiliki peran sangat penting dalam sistem pengapian dan rangkaian elektronik, terutama dalam mengatur arus dan menjaga kestabilan sistem. Meskipun sering dianggap sebagai komponen yang sederhana, fungsinya dalam mengatur arus agar tetap stabil, mencegah kerusakan pada koil, serta melindungi komponen lainnya dari panas berlebih, tidak bisa dipKalianng sebelah mata.

Ballast resistor juga membantu dalam memaksimalkan kinerja pengapian, terutama pada saat kondisi kendaraan distarter, dengan memastikan tegangan dan arus yang masuk ke koil pengapian tetap optimal. Selain itu, ballast resistor juga berfungsi untuk memperpanjang umur koil dan komponen sistem pengapian lainnya dengan mencegah terjadinya kelebihan panas yang dapat merusak sistem.

Dalam banyak aplikasi, baik itu pada kendaraan bermotor atau sistem kelistrikan lainnya, ballast resistor menjadi kunci dalam menjaga agar rangkaian dapat beroperasi dengan efisien dan aman. Dengan memahami fungsi dan peranannya, kita dapat lebih menghargai komponen ini dan memastikan sistem pengapian atau rangkaian kelistrikan berfungsi dengan baik. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Apa itu Ballast Resistor ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *